Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

Teks ulasan biasa disebut sebagai resensi yakni sebuah teks yang berisi penilaian atau komentar terhadap suatu karya. Ulasan yang dibuat harus dibuat secara sopan tanpa ada unsur menjelek-jelekkan suatu karya. Hal ini bertujuan agar bisa berkontribusi dalam membangun suatu karya.

Tujuan teks ulasan adalah memberitahu para pembaca kekurangan serta kelebihan suatu karya. Teks ulasan juga bertujuan untuk menyampaikan beberapa pandangan seorang individu terhadap karya tersebut.

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan mempunyai struktur atau aturan penulisan sebagai berikut.

  1. Orientasi
    Bagian ini berisi tentang gambaran secara keseluruhan suatu karya yang ingin diulas
  2. Tafsiran, pembahasan secara spesifik suatu karya diletakkan dalam kategori tafsiran. Lebih tepatnya mengenai suatu kelebihan yang terdapat dalam karya
  3. Evaluasi, sang pemberi ulasan akan menuliskan bagian-bagian yang kurang dalam suatu karya, juga mengungkapkan beberapa pandangannya mengenai karya tersebut
  4. Rangkuman, berisi kesimpulan seperti pemberian kritik dan saran. Juga tentang apakah karya tersebut layak untuk didengar, dilihat serta dibaca

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Ulasan Novel ‘Menemuimu dalam Doa’

Novel 'Menemuimu dalam Doa'

a. Orientasi

Novel ini ditulis oleh Hamida Surya, yang membuat tokoh utama yang bernama Indah. Hamida menceritakan bahwa Indah adalah seorang gadis yang sangat ingin melupakan mantan kekasihnya.

Namun bayangan itu selalu menghantuinya, segala kenangan manis yang dulu pernah ia rasakan. Indah mulai berusaha menyibukkan diri dan mencoba membuka hati untuk lelaki lain. Namun seolah semua usahanya sia-sia.

b. Tafsiran

Indah adalah seorang gadis belia yang masih berumur 19 tahun. Keluarganya pun tergolong keluarga yang mampu secara ekonomi, Indah juga menjalani hidup sebagaimana gadis seusianya.

Namun seketika semuanya berubah, hal ini dikarenakan perkenalannya dengan seorang pemuda bernama Galih lewat sosial media.

Siapa sangka pertemuan tak terduga ini akan membuka kisah baru dalam kisah percintaannya. Tidak hanya itu, ternyata Galih adalah sepupu dari temannya.

Pertemuan yang berlangsung sering serta pendekatan yang terus menerus memunculkan rasa baru dalam diri mereka, sehingga mengantarkan mereka pada hubungan yang disebut pacaran.

Namun nyatanya hubungan itu tak berlangsung lama, ikatan mereka akhirnya kandas disebabkan suatu masalah. Dengan kandasnya hubungan mereka Indah dan Galih pun saling menjauh dan menjalani kehidupan masing-masing seperti mereka tidak pernah kenal sebelumnya.

Indah dan Galih sibuk dengan rutinitasnya sebagai mahasiswa. Waktu mengantarkan mereka bertemu dengan orang baru dan menjalin hubungan. Jarak yang terbentang menjadi semakin jauh.

Tetapi cinta tetaplah cinta, rasa itu masih tersimpan apik dalam memori serta hati takkan pernah bisa berbohong. Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa sudah empat tahun lamanya Indah dan Galih kembali dipertemukan melalui dunia maya seolah mengulang awal perkenalan mereka.

Hubungan terjalin kembali selama dua tahun. Namun mereka seolah tak punya titi terang dan Indah pun memutuskan untuk pergi dari Galih karena Galih tak mau mendengarkan pendapatnya mengenai apa yang baik untuk dirinya.

Buka karena hilangnya sebuah rasa, tapi Indah lebih memilih menemui Galih dalam untaian Doa.

c. Evaluasi

Novel ini memuat cerita cinta remaja, cerita cinta yang sedang dalam masa pertumbuhannya. Novel Menemuimu dalam Doa disajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Cinta adalah perasaan yang bisa dirasakan oleh manusia maka tidak heran jika semua manusia akan merasakan cinta dan akan jatuh cinta.

Novel ini akan membuat pembaca terhanyut ke dalam ceritanya, merasakan setiap emosi dari para tokohnya serta ikut merasakan dilema yang dialami oleh kedua tokoh tersebut. Hingga akhirnya rencana Tuhan tetaplah menjadi keputusan yang terbaik.

d. Rangkuman

Menemuimu dalam Doa lebih memberatkan pada konflik hati serta pikiran. Bagaimana ketika hati tidak singkron dengan otak, hal ini kerap kali terjadi bukan. Kisah yang tidak jauh dari kebiasaan para remaja ini dituliskan secara apik.

Namun kekurangannya adalah novel ini memiliki cover yang kurang menarik. Tampilannya terkesan membosankan dan monoton seakan tak sesuai dengan isi cerita yang disajikan.

2. Teks Ulasan Buku ‘Cinta Brontosaurus’

Cinta Brontosaurus

a. Orientasi

Cinta Brontosaurus ditulis oleh Raditya Dika yang terbit pada tahun 2006. Novel ini mengangkat drama percintaan yang diselipi dengan komedi ala Raditya Dika. Buku ini memiliki 160 halaman dan telah diterbitkan oleh Gagas Media.

b. Tafsiran

Dika terkenal sebagai sosok yang humoris. Sosok yang dikenal humoris ini baru saja mengalami putus cinta dengan Nina. Dari sini dia mulai menyadari tak akan ada yang abadi bahkan untuk cinta yang pastinya bisa saja mengalami kadaluarsa.

Agen naskah Dika yang bernama Kosasih memberi semangat pada Dika bahwa cinta akan datang, Dika hanya harus yakin pada dirinya sendiri. Kosasih pun memperkenalkan Dika dengan banyak orang baru.

Cinta tetaplah cinta, ia datang tanpa persiapan dan tidak pula direncanakan. Dika bertemu dengan seorang gadis bernama Jessica yang memiliki pemikiran aneh seperti halnya Dika. Hubungan itu semakin lama semakin aneh sehingga pikiran mengenai “apa benar cinta bisa kadaluarsa” kembali muncul dalam benaknya.

Di samping itu ada penawaran mengenai buku cinta brontosaurus yang akan difilmkan yang dilakukan oleh Mr. Soe Lim.

Dika pun antusias menerima tawaran tersebut, namun rintangan itu terjadi di tengah perjalanan. Mr. Soe Lim mencoba mengubah naskah asli Dika dan menggantiya dengan film horror yang saat itu lebih digandrungi.

Buku ini adalah kisah perjalanan dalam memahami cinta yang Dika dapat dari Jessica, teman-temannya, serta keluarganya.

c. Evaluasi

Cover buku ini sangat menarik pengaturan warnanya pun tidak membosankan. Penggunaan gaya bahasanya sangat mudah dipahami karena bercerita mengenai percintaan, komedi serta keseharian sang tokoh.

Tema yang dimuat menarik minat baca serta kelucuan yang ada bisa mengundang tawa. Namun kekurangan dari buku ini adalah seperti tak ada akhirnya, ceritanya mengambang sehingga memunculkan penasaran. Kata-katanya vulgar dan nyaris tidak disensor.

d. Rangkuman

Setiap buku pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun begitu suatu karya yang dibuat dengan sungguh-sungguh tak akan mengecewakan pembaca.

Buku ini mempunyai daya tari besar karena sosok penulisnya pun juga sudah banyak dikenal. Jiwa humoris yang dimiliki Raditya Dika tertuang dalam buku berjudul Cinta Brontosaurus.

3. Teks Ulasan Cerpen ‘Nasihat Untuk Anakku’

Cerpen Nasihat Untuk Anakku ditulis oleh Motinggo Busye. Cerpen ini adalah cerpen yang pernah mendapat hadiah sebuah majalah sastra.

Dalam cerpen ini bercerita mengenai perjuangan hidup, nasihat dari ayah untuk anaknya mengenai dunia yang terus berubah dan berkembang.

b. Tafsiran

Alenia pertama pada cerita ini mengisahkan keadaan suatu Negara yang berubah yakni Indonesia. Tentang sulitnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pada paragraf selanjutnya. Selain itu juga menceritakan tentang sulitnya akses transportasi pada masa itu.

Di Alenia selanjutnya diceritakan saat penulis merayakan ulang tahun ayahnya. Warung kopi adalah tempat yang dipilih ayahnya untuk merayakan ulang tahun bersama teman-temannya.

Selanjutnya ditulis mengenai buku yang akan diterbitkan oleh sang ayah yang kira-kira rencana apa yang akan dan ingin dilakukan jika buku itu sudah terbit.

Namun masalah muncul di pertengahan. Suatu ketika san ayah mendengar jika temannya telah bunuh diri, hal ini menjadi sangat memilukan ketika mengetahui temanmu memotong nadinya sendiri untuk menjemput kematian.

Pada bagian akhir, penulis memberikan nasihatnya kepada pembaca, bahwa meski kenyataan terkadang kebenaran dikalahkan dengan kenyataan tetaplah menjadi sang pembela kebenaran.

c. Evaluasi

Bahasa yang digunakan oleh penulis sangatlah rumit. Namun ketika pembaca berhasil memahami isi dari kata-katanya, makna dari sekian kalimatnya maka pembaca akan sangat menikmati cerpen ini.

Bagi para remaja cerpen ini sangat bagus untuk dibaca karena mengandung pesan moral dan bisa diterapkan dalam kehidupan. Terdapat nasehat-nasehat baik dan motivasi bagi pembacanya.

d. Rangkuman

Kekurangan yang dimiliki tak seberapa dibandingkan dengan pesan-pesan baik yang terkandung di dalamnya. Bagi para penikmat kata cerpen ini menjadi hal menarik untuk dibaca apalagi bagi kalangan remaja sekarang.

4. Teks Ulasan Film ‘Surat Kecil Untuk Tuhan’

a. Orientasi

Film ini sebenarnya diadopsi dari novel karangan Agnes Davonar dan disutradarai oleh Harris Nizam. Novel ini ditulis dan diambil ari kisah nyata, di film ini dikisahkan mengenai seorang gadis yang bernama Keke.

Keke adalah gadis yang lahir dari keluarga kaya yang memiliki 6 sahabat yang sangat menyayanginya. Bahkan Keke juga mempunyai seorang kekasih bernama Andi, dengan itu maka kebahagiaan Keke menjadi semakin lengkap.

b. Tafsiran

Peristiwa itu terjadi, pada tahun 2003 Keke mulai divonis menderita kanker, wajahnya yang semula cantik secara perlahan berubah menjadi mengerikan. Segala cara telah dilakukan oleh sang ayah agar anaknya dapat segera sembuh. Tidak cukup dengan sang ayah semua keenam sahabatnya pun selalu memberi dukungan pada Keke agar tidak menyerah.

Beberapa waktu selanjutnya kanker yang diderita keke perlahan hilang dan dinyatakan sembuh oleh dokter. Aktivitas pun mulai normal, tidak ada kemotrapi serta obat-obatan lagi yang harus keke jalani. Ia pun mulai bersekolah seperti biasa, bermain layaknya biasanya.

Namun ketenangan itu nyatanya tak bertahan lama, Keke harus kembali menghirup udara rumah sakit karena para dokter memvonis Keke menderita kanker yang lebih ganas dari sebelumnya.

Para dokterpun telah memvonis bahwa Keke tidak akan bertahan lebih dari 3 bulan lamanya. Namun Tuhan berkehendak lain, mungkin dokter bisa memvonis tapi Tuhan punya jalan ceritanya sendiri.

Keke berhasil selama setahun masa pengobatannya meskipun ia pun dinyatakan meninggal pada 26 Desember 2006.

c. Evaluasi

Film ini dapat membuat pemirsanya larut dalam cerita yang disajikan. Kisah yang diambil dari kisah nyata ini seakan bisa memainkan emosi penonton.

Pesan yang terkandung juga sangat mengharukan tentang bagaimana keikhlasan manusia menerima apapun takdir yang sudah disediakan oleh Tuhan.

d. Rangkuman

Mungkin film ini memang memiliki kekurangannya tersendiri, tetapi yang perlu diketahui banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Sebuah ikatan persahabatan, perjuangan orang tua untuk anaknya, juga pantang menyerah apapun yang terjadi. Film ini menjadi rekomendasi yang tepat bagi remaja maupun orang tua.

5. Teks Ulasan Novel ‘Sang Pemimpi’

Novel 'Sang Pemimpi'

a. Orientasi

Novel ini ditulis oleh penulis kenamaan Indonesia yaitu Andrea. Buku ini menjadi serial kedua setelah laskar pelangi.

Novel ini berkisah tentang anak bernama Ikal, Arai dan Jambron, adalah anak yang telah dilanda kemiskinan di Pulau Belitung, mereka pernah memiliki mimpi sewaktu kecil, mimpi mereka adalah untuk melanjutkan sekolah hingga ke Perancis serta menjelajah seluruh dunia.

b. Tafsiran

Bab pertama menceritakan tentang tiga remaja nakal yang kenakalannya menyebabkan mereka dibenci oleh Wakil Kepala SMA yaitu Pak Mustar.

Berbeda dengan Pak Mustar sang kepala sekolah tersebut malah sering memberikan petuah-petuah untuk mereka, tentang mimpi yang harus mereka capai.

Selanjutnya potongan-potongan kisah akan bermunculan, potongan cerita yang berdiri sendiri tentang mereka kecil dan sebagainya. Namun, potongan itu sebenarnya memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya.

c. Evaluasi

Sebuah novel karya Andrea Hirata ini memiliki konsep bahasa yang sangat bagus dan mudah dimengerti. Tata bahasanya seakan bisa menarik diri pembaca agar terjun ke dalam cerita dan merasakan sendiri emosi para tokohnya.

Lelucon-lelucon yang disajikan dalam novel juga akan sangat menghibur. Olahan bahasa yang digunakan benar-benar seakan mencerminkan seorang penulis Andrea Hirata, beliau juga dikenal sebagai seorang yang memiliki wawasan yang luas.

d. Rangkuman

Meski menjadi buku kedua dalam serial Laskar Pelangi,buku ini tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan novel sebelumnya.

Ceritanya seolah berdiri sendiri, meski begitu pesan-pesan yang terkandung otomatis akan tersampaikan mengenai hal-hal yang tidak akan terwujud tanpa adanya kerja keras.

6. Teks Ulasan Film ‘Perahu Kertas’

a. Orientasi

Film ini diadopsi dari novel karya Dewi Lestari yang memiliki judul yang sama dengan novelnya. Novel yang menceritakan mengenai perasaan yang tak mungkin disatukan karena halangan dari hal lain.

Film ini diperankan oleh Maudi Ayunda sebagai tokoh utamanya yang pada saat itu masih berusia remaja. Pemeran laki-lakinya diperankan oleh Adipati Dolken. Film ini terfokus pada percintaan remaja.

b. Tafsiran

Film ini mengisahkan bagaimana Kugy dan Keenan menjalani naik turunnya hubungan mereka. Awal kisah mereka terjadi saat Keenan dijemput oleh Kugy dan teman-temannya di bandara, yang pada saat itu baru pulang dari Belanda.

Di awal perkenalan mereka Kugy masih memiliki seorang kekasih bernama Ojos. Sementara Keenan pun dekat dengan gadis bernama Wanda. Meski memendam perasaan yang sama, nyatanya pernyataan cinta itu tak pernah saling terucap antara satu sama lain.

Kisah cinta ini dimulai saat keduanya berkuliah di kota yang sama yaitu Bandung. Diceritakan pula Kugy adalah gadis dengan perawakan tomboy dan selalu ceria, ia pun berkhayal bah ia adalah seorang agen dari Dewa Neptunus.

Ia sangat suka menulis isi dari perasannya pada perahu-perahu kecil yang terbuat dari kertas yang kemudian akan ia hanyutkan pada aliran air.

Meski sosoknya seperti anak kecil, Kugy merupakan seseorang dengan pemikiran dewasa. Sedangkan Keenan adalah seorang yang dipaksa orang tuanya untuk kuliah di fakultas ekonomi padahal Keenan adalah seorang pemuda dengan bakat melukis yang luar biasa.

Rintangan terus hadir dalam rasa yang telah mereka pendam tanpa diketahui satu sama lain. Meski begitu Kugy, Keenan, Noni dan Eko adalah sahabat uang kompak kebersamaan seperti itulah yang terus memunculkan rasa asing dalam diri mereka.

Keenan yang mulai ingin menyerah berkunjung ke rumah guru melukisnya yaitu Pak Wayan, guru melukisnya lah yang telah mempertemukan Kugy dengan Remi yang menjadi salah satu langganannya. Kugy yang saat itu telah selesai masa kuliahnya magang di tempat biro iklan milik salah satu dari teman kakaknya.

Saat pesta pernikahan Eko dan Reni keduanya kembali dipertemukan dan akhirnya menjadi dekat kembali. Namun kedekatan itu memiliki penghalang yaitu hadirnya Remi dan Luhde.

c. Evaluasi

Kelebihan film ini adalah para karakternya sangat kuat, masing-masing memiliki peran yang terjalin dengan sangat apik. Penjiwaan yang dilakukan oleh para tokohnya berhasil membuat alur cerita ini menjadi semakin menarik. Sangat menarik minat penonton untuk menyaksikannya hingga akhir.

Kekurangan dari film ini adalah saat adegan yang disitu mengeksploitasi kehidupan peroraangannya sehingga perhatian para penontonnya menjadi terpecah. Di akhir film pun tidak ditemukan titik terang menjadikan film ini memang seolah dibuat menggantung tanpa memiliki kejelasan.

7. Teks Ulasan Film ‘Hicky’

a. Orientasi

Hicky merupakan film India yang bercerita tentang seorang wanita bernama Naina yang sangat berkeinginan menjadi seorang pendidik. Naina telah melamar ke banyak sekolah tapi tidak ada yang mau menerimanya sebab Naina menderita syndrome tourete.

b. Tafsiran

Naina adalah seorang wanita yang berkeinginan menjadi guru setelah kelulusan pendidikannya. Namun keinginannya itu ditentang oleh orang tuanya, orang tuanya mempunyai doktrin bahwa menjadi guru tidak menjamin baiknya kehidupan.

Akhirnya setelah perjalanan panjang ia diterima bekerja di sekolah yang dulu pernah ia tempati dan oleh ketua yayasan sekolah tersebut Naina diberikan kelas super dimana anak-anak nya adalah anak-anak kelas bawah. Tidak ada guru yang mau mengajar kelas tersebut.

Di awal-awal ia masuk ke dalam kelas tersebut ia sudah mendapat kejutan berupa kursi yang patah saat ia duduki. Hebatnya hal itu tidak membuat seorang Naina menyerah, tapi malah dijadikan motivasi untuk merubah kelas terbelakang tersebut menjadi siswa yang hebat.

Dengan metode di luar kelas yang diterapkannya membuat semua murid di kelas itu antusias dan siapa sangka masing-masing dari mereka mempunyai potensi yang luar biasa.

c. Evaluasi

Film ini ingin seolah ingin menunjukkan kepada para penonton bagaimana cara menghadapi kehidupan dengan masalah yang akan silih berganti. Juga bagaimana pentingnya seorang pendidik dalam pendidikan.

Seseorang yang sedang menjalani masa pendidikannya pasti akan dibuat terharu oleh sikap dan ketelatenan seoran Naina.

d. Rangkuman

Film ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, gaya bahasanya pun sangat apik. Pengambilan latar serta emosi yang di berikan oleh para aktornya berhasil membius para penontonnya larut dalam film.

Sang produser telah berhasil mempermainkan emosi para pemirsa. Sehingga memicu rasa penasaran penonton untuk menontonnya sampai akhir.

Film yang menceritakan bagaimana cara seorang guru harusnya bersikap, seorang murid yang seharusnya bisa menghormati gurunya. Bukan hanya tentang sekolah tapi juga keluarga, tentang bagaimana pentingnya dukungan anggota keluarga satu sama lain.

8. Teks Ulasan Novel ‘Surat Kecil Untuk Ayah’

Novel 'Surat Kecil Untuk Ayah'

a. Orientasi

Salah satu novel laris yang dibuat oleh Boy Chandra yang berjudul Surat Kecil Untuk Ayah ini merupakan salah satu novel yang Menceritakan tentang seorang ayah yang mampu menyisihkan waktunya di sela kesibukan tanpa batas yang dilakukan. Novel yang memakai sudut pandang orang pertama ini diperankan oleh Aku.

b. Tafsiran

Di awal cerita Boy Chandra menuliskan tentang seorang laki-laki yang sangat dekat dengan kehidupannya. Lelaki yang dimaksud adalah Ayah dimana seorang Ayah itu selalu memberikan kasih sayang yang tak terkira dan ketika pagi datang tak lupa selalu menghadirkan senyuman.

Kenyamanan yang tak pernah lupa diberikan kepada anaknya, namun nyatanya seorang anak itu tak selalu mengenal siapa sebenarnya ayahnya.

Di akhir cerita Boy Chandra mengisahkan tentang seorang saudara tiri yang seketika itu memintanya datang ke Jakarta dan dibawalah ia menuju pemakaman.

Maka seketika itu juga matanya nanar butiran itu mulai deras menjadi hujan. Bunga yang berada di genggamannya jatuh ke tanah bersama tetesan halus dari air matanya.

c. Evaluasi

Gaya bahasa yang dipakai dalam novel ini mampu menghanyutkan pembaca untuk merasakan emosi para tokohnya. Novel yang ditulis Boy Chandra ini juga bercerita tentang perjuangan ibu dan anaknya dalam kehidupan nyata. Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri dalam novel ini.

Meski begitu tetaplah mempunyai kekurangan yakni masih ada typo dalam penulisannya serta masih ada kata yang sulit dimengerti.

d. Rangkuman

Novel ini seharusnya menjadi rekomendasi untuk dibaca para anak muda zaman sekarang, agar mereka tahu bagaimana perjuangan seorang ayah dan lebih menghargai suatu ketulusan.

Agar mereka menyadari bahwa ayahnya hanyalah seorang manusia biasa. Punya lelah dan butuh sandaran di suatu waktu.

9. Contoh Teks Ulasan Novel ‘Habibie Dan Ainun’

Novel 'Habibie Dan Ainun'

a. Orientasi

Novel ini di terbitkan pada tahun 2010 yakni tanggal 30 November, novel yang ditulis langsung oleh mendiang BJ Habibie ini berkisah tentang cintanya yang telah tertambat pada satu gadis bernama Ainun.

Berbagai puisi cinta pun dituangkan dalam novel ini berikut untaian doa-doa yang beliau panjatkan. Kisah perjalan mereka dari awal hingga maut memutus kebersamaan mereka tertuang dalam buku Habibie dan Ainun.

b. Tafsiran

Awal kisahnya dimulai saat Habibie bertemu dengan Ainun pada malam lebaran, mereka berdua dipertemukan di rumah Ainun. Posisi Habibie saat itu sedang cuti selama 3 bulan yang selanjutnya membawa Ainun bersamanya setelah mereka menikah di Indonesia.

Perjuangan dimulai berlatar di Jerman. Pekerjaan Habibie yang menuntut tenaga pikiran serta kesibukannya tak pernah membuat Ainun berlekuh kesah, ia pun tak pernah mengganggu konsentrasi dari seorang habibie ketika sedang asik bekerja.

Dalam novel ini pula bercerita mengenai penyakit Habibie yakni TBC.

Keadaan tersebut membuat Ainun yang seorang dokter selalu mengontrol kesehatan suaminya. Seperti hubungan timbal balik, Habibie selalu melibatkan Ainun dalam mengambil segala keputusan.

Disebabkan hubungan yang saling terkait dan mendukung ini, Habibie pun mendapat banyak pujian karena berhasil meraih banyak prestasi dibidang teknologi di Jerman.

Sebuah novel yang menyajikan sebuah kisah cinta ini harus diakhiri dengan kematian Ainun sang pujaan hati seorang Habibie karena penyakit kanker yang telah diderita Ainun sejak lama.

c. Evaluasi

Novel ini memiliki 321 halaman, penggunaan bahasanya berhasil memainkan emosi para pembacanya seakan menjadi salah satu tokoh dalam cerita tersebut. Maka bukan kabar bohong jika novel ini banyak diminati khalayak ramai apalagi bagi penyuka novel cinta.

Pak Habibie pun menuturkan bahwa dengan hadirnya novel ini sekaligus menjadi penutup jiwanya yang kosong setelah ibu Ainun wafat.

d. Rangkuman

Novel ini sangat direkomendasikan bagi sepasang suami istri yang baru saja memulai karirnya dalam menghadapi mahligai rumah tangga.

Novel ini memuat motivasi serta memberikan semangat untuk mewujudkan keluarga harmonis dan saling mendukung satu sama lain tanpa mementingkan diri sendiri.

***

Itulah rangkaian contoh teks ulasan serta pengertian bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar